PT. IFOS SATRIA
MAHKOTA
A.
Pendahuluan
Di dalam persaingan industry yang semakin maju ini
perusahaan dituntut untuk selalu melakukan perkembangan positif didalam tubuh
perusahaan sehingga perusahaan selalu berupaya memperbaiki diri dengan
perencanaan strategi yang baik. Untuk itulah PT Ifos Satria Mahkota sebagai
perusahaan bukan hanya memproduksi produk-produk kebutuhan konsumen, perusahaan
tersebut menawarkan barang dan jasa. Perusahaan perlu mengidentifikasi setiap
kekuatan dan kelemahannya dan selalu memantau setiap peluang yang mendatangkan
keuntungan dan ancaman yang mendatangkan kerugian. Untuk memenuhi tuntutan ini
terciptalah analisis yang memiliki peran penting dalam menetapkan suatu
strategi perusahaan.
Analisis SWOT merupakan cara yang sistematis di dalam
melakukan analisis terhadap wujud ancaman dan kesempatan agar dapat membedakan
keadaan lingkungan yang akan dating sehingga dapat ditemukan masalah yang ada.
Dari analisis SWOT perusahaan dapat menentukan strategi efektif yang sejauh
mungkin memanfaatkan kesempatan yang berlandaskan pada kekuatan yang
dimiliki perusahaan, mengatasi ancaman
yang dating dari luar, serta mengatasi kelemahan yang ada pada PT. Ifos Satria
Mahkota ini.
PT. IFOS SATRIA MAHKOTA pertama kali dibuat pada hari
kamis, pada tanggal 14 Januari 1999. Hadir didepan hadapan Bapak Soekaimi,
S.H., Notaris di Jakarta dengan dihadiri oleh saksi-saksi, yaitu Bapak Syaiful,
Insinyur Ridwan, dan Bapak Ichwan.
B. Teori
1. Analisis
SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang
digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu
spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths,
weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan
yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor
internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan
tersebut.
2. Cara
membuat Analisis SWOT
Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis
dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian
menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana
kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang
(opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang
mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada,
selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats)
yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses)
yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah
ancaman baru.
C. Pembahasan
PT. Ifos Satria Mahkota
a. Kekuatan
(Strenght)
Kekuatan pada PT. Infos Satria Mahkota yaitu pada barang
dan jasa yang di sediakan pada perusahaan tersebut yaitu menjalankan
usaha-usaha dalam bidang pemborongan, perencanaan dan pelakasanaan segala macam
pekerjaan bangunan (general contractor), termasuk pula jalanan, jembatan,
lapangan, pelabuhan, pengairan, penggalian dan pengurugan tanah, pemasangan
instalasi-instalasi/ jaringan-jaringan listrik, gas, air minum dan
telekomunikasi serta mengerjakan pekejaan-pekerjaan bangunan.
b. Kelemahan
(Weakness)
PT. Ifos Satria Mahkota perusahaan yang menjalankan usaha
berupa, kontraktor, alat-alat kantor, cleaning service, penjilidan, penerbitan,
dll. Bisa dilihat bahwa bukan hanya perusahaan PT. Ifos Satria Mahkota saja
yang sedangn menjalankan perusahaan tersebut, tapi ada banyak perusahaan
kontraktor yang sedang jaya. Contohnya saja, PT. Mitra Global Kencana yang
memiliki profesionalisme dalam memberikan advise dalam hal penggunaan elevator
dan AC yang hemat listrik, 8(Delapan) Baja yang mempunyai usaha yang sama
dengan PT. Ifos Satria Mahkota yang menjadi perbedaannya adalah kontruksi
tower, playground, dll. Dan masih banyak lagi perusahaan-perusahaan kontraktor
lainnya.
c. Kesempatan
(Oppurtinities)
PT. Ifos Satri Mahkota dapat menghasilkan produk-produk yang menjadi kebutuhan
pokok bagi konsumen masyarakat pada umumnya. Kelebihan dari produk-poduk PT. Ifos Satri
Mahkota tersebut adalah kualitas yang
tinggi dengan harga relative terjangkau oleh masyarakat dari berbagai kalangan.
Dengan begitu PT. Ifos Satri
Mahkota dapat meraih pangsa pasar yang
cukup besar.
d. Ancaman (Threats)
PT. Ifos Satri Mahkota juga memiliki beberapa perusahaan pesaing yang memiliki
produk sejenis seperti PT. Mitra
Global Kencana dan 8(Delapan) Baja. Meskipun
sebagian besar produknya seperti meniru para market leader# hal tersebut
merupakan bagian dari strategi PT Wings Group untuk menghadapi para
kompetitornya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar